"Hidup bagi saya sungguh berarti. Demikian pula kehidupan di sekeliling saya. Jika saya mengharapkan hidup saya dihormati, maka saya juga harus menghormati hidup makhluk lainnya. Namun etika di dunia Barat hanya menghormati hubungan di antara sesama manusia. Karena itu saya katakan etika Barat adalah etika yang terbatas. Yang kita perlukan adalah etika tak terbatas yang juga mencakup hubungan kita dengan binatang" (Albert Schweitzer, 1875-1965)

Selasa, 24 Desember 2013

Antibiotik vs Bakteri

Berbicara tentang antibiotik tentunya tidak lepas dari istilah bakteri. Bakteri digolongkan dalam:bakteri tidak menguntungkan (pathogen) dan bakteri yang menguntungkan. Antibiotik adalah golongan senyawa yang mampu menekan atau menghentikan perkembangan infeksi bakteri di dalam organisme. Penisilin G
adalah antibiotik yang  ditemukan pertama kali oleh Alexander Fleming pada tahun 1928.  Antibiotik ada yang alami, semi sintetik (alami dengan penambahan dan perubahan) serta sintetik. Penggunaan antibiotik, tidak efektif/tidak tepat pada pengobatan virus, jamur atau parasit maupun nonbakteri lainnya.
Contoh penyakit yang disebabkan oleh virus yang sering dialami masyarakat daerah tropis adalah flu. Antibiotik tidak dapat diberikan pada penderita influenza. Pada beberapa kasus yang saya baca, pemberian obat yang salah (antibiotik) pada anak demam penderita influenza, menyebabkan imunitas anak berkurang. Sehingga, menjadikan anak  rentan dan sering mengalami penyakit influenza.
Kesalahan dalam penggunaan antibiotik bisa menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan. Apabila tidak ada bakteri pathogen (jahat) yang dibunuh, antibiotik akan membunuh bakteri baik. Juga dapat menimbulkan kekebalan bakteri dan mengurangi imunitas anak terhadap virus dan kuman.
Sehingga pemberian antibiotik harus sesuai dosis, tidak kurang dan tidak lebih. Juga harus tepat dan sesuai dengan jenis penyakit (sasaran bakterinya).
Jenis antibiotik.
  • Spektrum sempit adalah antibiotik yang berguna untuk membunuh bakteri spesifik pada satu sasaran tepat. Tergolong jenis ini adalah ampicillin dan amoxycilin
  • Spektrum luas adalah antibiotik yang bisa membunuh semua bakteri. Antibiotik ini, juga berbahaya karena bersifat racun, bahkan jenis bakteri yang berguna juga dapat terkena serangannya. Tergolong jenis ini adalah cephalosporin (cefspan, cefat, keflek, velosef, duricef, dll)
Ini hanyalah informasi sederhana yang saya rangkum dari beberapa sumber dan bukan merupakan informasi yang akurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar