"Hidup bagi saya sungguh berarti. Demikian pula kehidupan di sekeliling saya. Jika saya mengharapkan hidup saya dihormati, maka saya juga harus menghormati hidup makhluk lainnya. Namun etika di dunia Barat hanya menghormati hubungan di antara sesama manusia. Karena itu saya katakan etika Barat adalah etika yang terbatas. Yang kita perlukan adalah etika tak terbatas yang juga mencakup hubungan kita dengan binatang" (Albert Schweitzer, 1875-1965)

Jumat, 26 Desember 2014

Pemanasan Global: Banjir dan Kekeringan

Banyak orang yang kini mencemaskan masalah global warming. Dulu Orang berkata bahwa bumi itu sangat besar, dan manusia tidak mungkin memiliki dampak yang berbahaya terhadap lingkungan bumi. Mungkin pada saat itu memang benar, tapi kini tidak lagi. Bagian sistem ekologis bumi yang paling rentan adalah atmosfir. Karena atmosfir begitu tipis, menurut sahabat al gore (calon presiden amerika serikat) pernis pada sebuah globe itu sama seperti atmosfir bumi yang sebenarnya. Sehingga manusia mampu merubah susunannya. Itulah dasar pengetahuan global warming.

Radiasi matahari masuk ke bumi dengan bentuk gelombang cahaya dan memanasi bumi. Lalu sebagian radiasinya diserap dan menghangatkan bumi dan diradiasikan kembali ke angkasa Dalam bentuk radiasi inframerah dan sebagian radiasi inframerah terperangkap di dalam lapisan atmosfir dan menahannya. Dan itu merupakan hal baik, karena dapat menghangatkan bumi. Tapi lapisan tipis atmosfir ditipiskan oleh pemanasan global yang terjadi di bumi dan menyebabkan banyak infra merah yang terjebak . begitu atmosfir memanasi dunia itulah global warming.

Satu akibat pemanasan global warming adalah curah hujan yang lebih, tapi lebih banyak yang datang dalam satu kali badai. Karena penguapan air laut menyimpan banyak kelembapan. Ketika kondisi badai memicu turunya hujan deras. Sejauh ini curah hujan terbesar ada di kota India pernah dapatkan. Juga banyak banjir di china. Pemanasan Global, tidak hanya menyebabkan banjir, tapi juga musim kemarau. Propinsi tetangga kita yang terdekat, pada saat areanya mengalami Banjir, wilayah yang lain mengalami musim kemarau. Global warming menyebabkan banyak penguapan air laut untuk disimpan awan, tapi ia menghisap habis kelembapan tanah. Penguapan tanah meningkat dramatis dengan suhu lebih tinggi

Roger Revelle adalah orang pertama yang mengusulkan pengukuran karbondioksida bagi atmosfir bumi. Roger Revelle melakukan percobaan pada tahun 1957. Dipekerjakannya Charles David Keeling yang sangat setia dan teliti membuat pengukuran itu selama 10 tahun. Dimulai dengan cara menerbangkan balon cuaca setiap hari. Dan mereka memilih di tengah pasifik karena sangat terpencil. Roger Revelle adalah ilmuan yang sangat tekun. Dia berfokus pada data yang sulit. Dia menggambarkan hubungan antara perubahan lebih besar dalam peradaban kita dan pola ini sekarang terlihat pada atmosfir seluruh planet. Lalu dibicarakan bagaimana jadinya masa depan jika kita tidak membuat penyesuaian.

Setelah tujuh, delapan, Sembilan tahun pertama, ada sebuah pola yang setiap tahunnya naik turun. Dan dia menjelaskan bahwa kalau kita lihat seluruh permukaan bumi, bagian terkecil dan besar utara khatulistiwa , dan sebagian besar tumbuhan ada di selatan khatulistiwa. Dan ketika belahan utara condong ke matahari. Itu musim semi dan musim panas di eropa, dan jumlah atmosfir menurun. Tapi pada saat bagian utara menjauh dari matahari, itulah musim gugur dan musin dingin di eropa, dan jumlah atmosfir bumi kembali meningkat.

Teman Al gore, Lonnie Thompson, mengebor es. Dia dan temannya menggali dan mereka mengambil peralatan bornya dan melihat esnya dan mempelajarinya. Saat salju turun, ia memperangkap sedikit gelembung atmosfir dan mereka bisa masuk dan mengukur berapa banyak co2 dalam atmosfir pada saat salju turun. Mereka bisa mengukur isotop oksigen yang berbeda dan membayangkan thermometer yang sangat akurat dan memberi tahu berapa temperature saat gelembungnya terperangkap dalam salju saat jatuh. Mereka hitung lagi sari tahun ke tahun cara sama penjaga hutan membaca lingkaran pohon. Dan anda bisa lihat lapisan tiap tahunnya dari pencairan hingga membeku lagi, sehinga mereka bisa mengembalikan gunung gletser dalam 1000 tahun. Dan mereka membuat thermometer temperature.

Bila anda lihat pada nilai suhu pada seribu tahun lalu dan bandingkanlah 1000 tahun co2, bisa dilihat bagimana mereka bersatu. Saat co2 meningkat suhu semakin panas. Di bagian amerika serikat yang berisi kota-kota modern Cleveland, Detroit, New York , di bagian utara, kota-kota itu akan semakin panas, apa lagi 50 tahun mendatang. Karena setiap tahunya kadar co2 semakin meningkat. 10 tahun terpanas dalam catatan atmosfiris yaitu, 1990, 1991, 1995, 1997-1999, 2001-2005, dan yang terpanas adalah tahun 2005. Kita sudah melihat beberapa gelombang panas . Dua tahun lalu eropa mengalami gelombang panas yang besar hingga membunuh 35 ribu jiwa. Di tahun yang sama, suhu india naik sampai 500 celsius, musim panas yang lalu di amerika bagian barat suhu hampir mencapai 1000. Dan di bagian timur banyak kota yang menghadapi gejala yang sama, termasuk New Orleans.

Selain itu, dalam dua tahun terakhir, kita sudah melihat banyaknya badai besar. Diantaranya, Badai Jeane, Frances, dan Ivan. Dan di tahun yang sama, di Amerika mengalami badai besar, dan mendapat rekor sepanjang masa untuk tornado di AS. Jepang mendapat rekor sepanjang masa untuk Badai Tropis. Buku ilmu pengetahuan harus di tulis ulang karena di buku di tulis bahwa mustahil ada badai di Antlantik Selatan, tapi di tahun yang sama pernah menghantam Brasil. Badai pertama adalah Badai Emly yang mengguncang Yucatán . Lalu munculnya Badai Dennis dan menyebabkan kerusakan yang parah. Kemudian datang Badai Katrina dan apabila ini menimpa florida, akan termasuk kategori Satu. Selain membunuh banyak orang, juga terjadi kerusakan hingga triliyunan dolar. Ada peringatan bahwa badai ini, hari sebelum ini terjadi, akan menjebol tanggulnya, dan akan menyebabkan jenis kerusakan yang sangat parah.
Karang Es ward hunt adalah karang es terbesar di Artik. Tiga tahun yang lalu, karang es ini retak. Yang membuat para ilmuan terkejut. Dan jalur pipa di arktik mengalami kerusakan struktur yang besar. Kejadiannya, minyak yang mereka hasilkan di area terlindung di utara Alaska, mereka harus bergantung pada truk untuk masuk dan keluar dari sana melalui tanah yang beku. Ini menunjukkan jumlah hari dimana tanah di Alaska cukup membekukan yang melintas diatasnya.

Iklim bumi ibarat mesin besar yang meneruskan kembali panas dari khatulistiwa sampai kutub. Dan itu dilakukan melaui arus laut dan arus angin. Para ilmuan berkata bahwa iklim bumi adalah sistem nonlinear. Mereka juga menyimpulkan bahwa perubahannya tidak hanya bertahap, bisa melonjak secara mendadak. Berdasarkan seluruh dunia, rata-rata suhu tahunanya sekitar 14,40 celsius. Dan begitulah arus angin dan laut terbentuk mereka terbentuk sejak zaman es terakhir dan menjadi stabil. Dan salah satunya yang paling dicemaskan apabila mereka melewatkan banyak waktu untuk mempelajari masalahnya, adalah di atlantik utara dimana Arus Teluk datang dan bertemu dengan angin dingin mencapai Artik melalui Greenland. Sehingga air laut menguap, uapnya tertiup menuju eropa akibat tiupan angin biasa dan rotasi. Di atlantik utara, setelah panasnya lepas, yang tersisa hanya air yang lebih dingin dan lebih asin. Dan itu membuatnya lebih padat dan lebih berat. Pada akhir zaman es yang lalu, saat gletser terakhir surut dari amerika utara, es meleleh dan kolam besar berisi air tawar, terbentuk di Amerika utara. Dan Great Lakes adalah sisa dari danau besar itu.

Para ilmuwan meneliti sebuah karang es, saat mereka melihat gamabar-gambar Al Gore, mereka sangat terkejut, di mulai dari 31 Januari 2002, 17 February 2002, dan 5 maret 2002. Mereka tak bisa bayangkan, mengapa es situ mencair begitu cepat. Dan mereka mencari tahu dimana yang salah. Pada saat es mencair dan berjatuhan ke laut, tampak seperti membuka sesumbat keluar dari botolnya. Dan ada perbedaan antara es mengapung dan dataran es. Itu sebabnya masyarakat bangsa pasifik semuanya mengungsi ke selandia baru.

Jika Greendland ini lah yang terjadi pada permukaan laut florida, semua kurang lebih 1/3 pulau di dunia menjadi laut, begitupun Indonesia. Kita memberi banyak tekanan pada bumi. Kita memberi tekanan pada air, tekanan kepada SDA, dan tekanan pada kebutuhan pangan. Dan Revolusi pengetahuan dan teknologi merupakan anugerah besar yang member kita keuntungan yang sangat besar contohnya di bidang kedokteran dan komunikasi. Tapi kekuatan baru yang kita miliki juga membawa tanggung jawab untuk memikirkan konsekuensinya. Maka dari itu jagalah bumi kita ini.

Sumber: http://luckiindra7x.wo.com/2011/03/15/sebuah-kebenaran-yang-menyusahkan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar