"Hidup bagi saya sungguh berarti. Demikian pula kehidupan di sekeliling saya. Jika saya mengharapkan hidup saya dihormati, maka saya juga harus menghormati hidup makhluk lainnya. Namun etika di dunia Barat hanya menghormati hubungan di antara sesama manusia. Karena itu saya katakan etika Barat adalah etika yang terbatas. Yang kita perlukan adalah etika tak terbatas yang juga mencakup hubungan kita dengan binatang" (Albert Schweitzer, 1875-1965)

Kamis, 30 Oktober 2014

Kematian berang-berang laut karena kumpulan ganggang terkait pemanasan global

Setelah kematian sedikitnya 21 berang-berang laut yang terancam punah di daerah Monterey, California, AS, suatu studi yang dipimpin oleh pemerintah negara bagian California menemukan bahwa tiap berang-berang yang diuji telah positif terkena mikrosistin, zat beracun yang ditemukan dalam ganggang biru-hijau tertentu. Ini adalah yang pertama kali mikrosistin air tawar dikaitkan dengan kematian mamalia laut.
Mirkosistin yang secara alami terdapat dalam ganggang ditemukan di permukaan badan air tawar seperti Sungai Klamath yang dekat, yang airnya mengalir ke dalam laut. Namun, temperatur yang meningkat bersama dengan kehadiran zat-zat seperti nitrogen dan fosfor dari peternakan dan limpasan pertanian menyebabkan pertumbuhan eksponensial terjadi, dan ganggang itu membentuk tatakan tebal yang dikenal sebagai "himpunan ganggang".
Dengan terus meningkatnya temperatur yang terkait dengan pemanasan global, para ilmuwan telah memperhatikan bahwa ganggang itu telah tumbuh semakin agresif, dengan racun mikrosistin semakin dipandang sebagai keprihatinan kesehatan global. Hewan dan manusia telah diketahui binasa akibat mencerna ganggang yang mengandung mikrosistin.
Dengan populasi berang-berang laut yang terus menurun, bersama dengan hewan laut lainnya yang tak terhitung banyaknya ditemukan binasa dalam tahun terakhir ini, para ilmuwan merencanakan lebih banyak studi untuk menentukan peran ganggang beracun jika jumlah mereka berkurang.
Para ilmuwan California, kami berterima kasih atas upaya menjelaskan ancaman yang semakin meningkat dan membahayakan bagi sesama penghuni laut kita ini. Mari kita bertindak sekarang untuk mengekang pemanasan global & limpasan pertanian untuk memulihkan badan air yang vital bagi semua kehidupan.
Sumber: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar