"Hidup bagi saya sungguh berarti. Demikian pula kehidupan di sekeliling saya. Jika saya mengharapkan hidup saya dihormati, maka saya juga harus menghormati hidup makhluk lainnya. Namun etika di dunia Barat hanya menghormati hubungan di antara sesama manusia. Karena itu saya katakan etika Barat adalah etika yang terbatas. Yang kita perlukan adalah etika tak terbatas yang juga mencakup hubungan kita dengan binatang" (Albert Schweitzer, 1875-1965)

Sabtu, 22 Agustus 2015

2035, Gletser Habis dari Himalaya

Pemandangan Himalaya.(foto:ist)

Kathmandu: Lembaga penelitian berbasis di Kathmandu, Nepal The International Center for Integrated Mountain Development (ICIMOD) merilis data bahwa gletser di kawasan Himayala sudah mencair dalam 30 tahun terakhir. Ilmuan mengatakan bahwa jutaan orang berada di bawah ancaman bencana ekologis seperti banjir bandang dan kekeringan dari mencairnya gletser Himalaya.

Dalam laporan yang dipublikasi pada Selasa, (3/6/2014) menunjukkan bahwa gletser di Nepal telah menyusut sebesar 21 persen dan di negara Bhutan menyusut sebesar 22 persen selama 30 tahun terakhir. Penelitian yang sudah dilakukan sejak 2007 memprediksi bahwa gletser di atap dunia itu akan hilang pada 2035.

Penelitian jangka panjang ICIMOD yang didanai Pemerintah Swedia itu mensurvei 10 gletser di kawasan Himalaya. kesepuluh gletser itu menyusut dengan cepat mulai 2002. selain itu tim ilmuan juga menemukan penurunan signifikan daerah tutupan salju diseluruh kawasan Himalaya dalam satu dekade terakhir.

Para ilmuwan mengatakan dampak perubahan iklim di Himalaya bisa sangat menghancurkan. Hal ini dikarenakan kawasan Himalaya menyediakan makanan dan energi untuk 1.3 miliar orang yang tinggal di daerah aliran sungai dari Nepal dan Bhutan di bagian hulu hingga India dan Pakistan di hilir. (The Himalayan Times Daily/Xinhua)

Sumber: http://internasional.metrotvnews.com/read/2014/06/07/250018/2035-gletser-habis-dari-himalaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar